Photo Mengurangi Satu Gelas Darah

BUKAN FATWA

Ditengah begitu pesatnya perkembangan zaman , segala sesuatu yang ada menjadi baru dan apa yang tidak ada menjadi ada apa yang dahulunya terlihat mustahil menjadi mungkin.

Satu diantara sekian banyak hal yang telah dimentahkan oleh kaum barat yang menurut salah satu hadits memang telah diciptakan oleh Allaah melebihi kecerdasan kaum yang lain. sebut saja salah satu ayat al quran yang mengemukakan tantangan Allaah kepada mereka (kaum yang tidak mengakui keberadaan Allaah) bahwa jikalau mereka mampu silahkan terbang setinggi gunung dan atau menembus bumi. Al Israa' : 37 , Atau tantangan yang lain dimana hendaklah mereka menembus penjuru langit dan bumi Ar Rahmaan : 33


Dua diantara sekian banyak tantangan Allaah Subhanahu Wata'ala kepada mereka yang tidak mempercayai keberadaan Allaah telah berhasil mereka lakukan namun tentunya ada konsekuensi yang harus mereka tanggung dunia dan akherat."..........." (Wallahu A'lam)

Berbicara tentang  Gambar / photo adalah suatu permasalahan yang hingga kini hukumnya masih diperselisihkan oleh para ulama, sebagian memperbolehkan dan sebagian lagi tidak. Namun diantara mereka masing - masing tidak ada pertentangan karena mereka tahu masing - masing akan menanggung apa yang telah mereka lakukan.

Hal ini Pernah admin tanyakan kepada salah seorang Ustadz dan atau syeikh kalau boleh admin panggil (karena beliaunya telah lama menetap di Mekkah dan mengajar disana hingga saat ini) kebetulan saat itu mudik kekampung  admin.

Beliau mengemukakan pendapat Insya Allah tidak apa - apa "dengan catatan" hal tersebut adalah penting sifatnya dan atau sangat dibutuhkan, semisal seperti pengurusan kebutuhan administrasi Ibadah Haji , dan sebagainya yang tanpa dilakukan cetak photo maka kita tidak akan dapat melaksanakan hal tersebut.

Namun ketika hal tersebut (gambar photo) adalah dilakukan dengan maksud yang lain (tanpa ada kebutuhan yang sifatnya penting dan atau sangat dibutuhkan, maka hal tersebut adalah termasuk kedalam perbuatan yang sia-sia serta pemborosan , maka alangkah baiknya dihindari.

Beliau menambahkan jikalau mau untuk dibahas semua apa yang ada saat ini dengan kembali kepada Al Quran dan Sunnah maka sudah terlalu "..................."  Wallahu A'lam

Namun demikian bukanlah hal tersebut lantas menjadikan kita putus asa dari Rahmat Allaah dan bukan pula bermaksud untuk bersilat lidah dan atau meng-akal-i hukum yang telah Allaah Subhanahu Wata'ala dan Rasulullah tetapkan.


Kita telah diberikan pedoman yang dengan nya kita bisa terhindar dari segala siksa dan mendapatkan ampunan serta pahala yakni Al Quran dan Sunnah Rasul.

Satu yang beliau berikan sebagai solusi karena memang berat untuk menjalankan segala Perintah Nya dan Menjauhi larangan Nya yakni : 

Istiqomahkan membaca do'a sebagaimana telah tertulis di Akhir Surah Al Baqarah yang dalam bahasa Indonesianya kurang lebih :

"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami bersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma'aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."

Urusan yang lain serahkanlah kepada kekuasaan Allaah

Mengenai pendapat atau klaim atau fatwa yang mengatakan bahwa photo dapat mengurangi satu gelas darah dan atau mengurangi umur selama satu hari atau beberapa jam serta berbagai pendapat lainnya yang hal tersebut tidak dijelaskan didalam Al Quran maupun Sunnah " Alangkah baiknya untuk tidak dihiraukan "

Allaah tidak akan menciptakan dan memberikan pengetahuan atau mengajarkan kepada manusia sesuatu yang tidak bermanfaat dan semua pengetahuan yang ada didunia ini bermanfaat bagi makhluk Nya dan khusus bagi Orang Beriman saja di akherat , Insya Allaah

Wallahu A'lam

0 komentar:

Post a Comment