Kitab Hadits Shahih Bukhari

Kitab Hadits Shahih Bukhari adalah merupakan kitab kumpulan hadits Rasulullah Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam yang dibukukan oleh Al Imam Bukhari yang menurut beberapa orang memiliki nama lengkap : Abu Abdullah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin al-Mughirah al-Ja'fai.

Kumpulan hadits yang disusun oleh Al Imam Bukhari adalah merupakan salah dari sekian banyak kitab hadits terbaik menurut muslim dari kalangan Sunni  karena beliau Al Imam Bukhari mempergunakan kriteria yang ketat didalam menyeleksi dan kemudian menyusun kumpulan hadits tersebut.

Kitab Hadits Shahih Bukhari ialah merupakan kitab hadits yang dipercaya oleh sebagaian besar umat islam paling valid dan hingga saat ini dipergunakan oleh hampir seluruh golongan umat islam khususnya sunni.

Berikut adalah sebagian daftar kitab hasil dari penyusunan yang telah beliau lakukan.

Kitab Permulaan Wahyu
Kitab Iman
Kitab Ilmu
Kitab Wudhu'
Kitab Mandi
Kitab Haid
Kitab Tayammum
Kitab Salat
Kitab Waktu-Waktu Salat

Kitab Salat Jumat
Kitab Haji
Kitab Puasa
Kitab Salat Tarawih dan I'tikaf
Kitab AdabKitab Isti`dzan
Kitab Do'a-Do'a
Kitab Kalimat-Kalimat yang Melunakkan Hati
Kitab Ketentuan Allah
Kitab Sumpah dan Nadzar
Kitab Kafarat Sumpah
Kitab Hukum-Hukum

Kitab Berpegang kepada Qur'an dan Sunnah
Kitab Tauhid

Dan berbagai kitab yang lain yang jumlahnya kurang lebih 70 - 100 buah (menurut beberapa pendapat karena perbedaan cara dan metode penafsiran serta keterbatasan pengetahuan kita sebagai manusia biasa) untuk lebih lengkapnya silahkan dicari di toko buku atau download di website yang menyediakan kitab shahih bukhari lengkap.

0 komentar:

Post a Comment