Berbagai Negara Terus Diguncang Gempa Bumi

Berbagai negara di dunia terus diguncang gempa bumi. Termasuk juga di Indonesia, filiphina dan beberapa negara asia, Sementara di China goncangan yang meski tidak terlalu dahsyat, karena hanya berkisar antara 5,7 SR dan 5,6 SR, hingga mengakibatkan 80 orang tewas dan 795 orang lainnya luka-luka.

Sementara korban tewas akibat gempa bumi yang melanda wilayah barat daya China terus bertambah dengan drastis. Otoritas setempat menuturkan, korban bertambah karena gempa ini terjadi di wilayah pegunungan yang terpencil. Banyak sarana telekomunikasi dan infrastruktur yang rusak parah akibat gempa, dimana hal ini menghambat upaya pengumpulan informasi. Demikian seperti disampaikan juru bicara Departemen Urusan Sipil Provinsi Yunnan dan dilansir china.org.cn, Sabtu (8/9).

Secara terpisah, Presiden China Hu Jintao telah memerintahkan tindakan penanganan segera terhadap korban bencana ini. Presiden Hu yang tengah menghadiri pertemuan APEC di Vladivostok, Rusia, telah mengintruksikan otoritas setempat untuk memastikan keselamatan warga dan sejumlah infrastruktur di wilayah-wilayah yang dilanda gempa.

Sedangkan sejumlah pejabat tinggi China lainnya, seperti Perdana Menteri Wen Jaibao, Wakil Perdana Menteri Hui Liangyu, Wakil Komandan Militer Pusat Guo Boxinong dan Xu Caihou, serta anggota parlemen Wu Bangguo menggelar rapat darurat untuk membahas penanganan bencana ini. PM Wen menekankan bahwa upaya pencarian dan penyelamatan korban harus diutamakan demi meminimalisir korban tewas.

Selain itu, PM Wen memastikan bahwa para korban luka harus mendapat perawatan yang layak, demikian halnya dengan pemulihan infrastruktur yang rusak akibat gempa. PM Wen meminta otoritas setempat untuk memberikan suplai air minum, makanan, pakaian, dan tempat pengungsian yang layak bagi warga yang menjadi korban.


Sebelumnya diberitakan bahwa serangkaian gempa bumi, termasuk yang berkekuatan 5,7 SR dan 5,6 SR melanda wilayah perbatasan Yunnan dan provinsi Guizhou, pada Jumat (7/9), sekitar pukul 11.00 waktu setempat. Pusat Informasi Gempa Bumi China menyatakan gempa bumi tersebut berpusat di kedalaman 14 km dari permukaan laut. Gempa tersebut diikuti oleh serangkaian gempa susulan yang semakin membuat panik warga.

Perlu diketahui bahwa wilayah barat daya China memang tergolong rentan terhadap gempa bumi. Pada Mei 2008 lalu, gempa berkekuatan 8 SR mengguncang wilayah Sichuan dan sebagian wilayah Shaanxi dan Gansu. Gempa ini menewaskan puluhan ribu orang dan memporak-poranda wilayah-wilayah tersebut.

Dari berbagai sumber  

0 komentar:

Post a Comment