Malaikat Zabaniah

Zabaniyah (الزبانية) adalah nama malaikat-malaikat dalam ajaran agama Islam yang bertugas menyiksa orang-orang di neraka.Penglihatan para malaikat itu bagaikan kilat yang menyambar, dikatakan pula bahwa, Allah tidak menjadikan dalam hati mereka rasa belas kasihan dan lemah lembut sebesar semut kecilpun.

Ia digambarkan dengan sosok yang sangat garang dan sadis, tidak mengenal ampun terhadap orang yang telah masuk kedalam perut neraka. 

Salah seorang dari mereka ada yang menyelam dalam lautan api neraka selama 70 tahun tetapi api neraka itu tidak membahayakan atas dirinya, karena sesungguhnya cahaya itu dapat mengalahkan api neraka

Menurut beberapa pendapat Malaikat Zabaniah berjumlah 19 sebagaimana dijelaskan dalam surah Al Muddatstsir ayat 30 dan dipimpin oleh Malaikat Maalik.

Namun secara tertulis Istilah Zabaniah dalam surah al-Alaq ayat 18 dan sebagian besar ditafsirkan sebagai nama diri dari malaikat yang diancamkan Allah bagi mereka yang menghalangi seseorang melakukan Shalat, akan tetapi ada juga beberapa ulama' yang menterjemahkan istilah Zabaniah pada ayat tersebut sebagai Tentara Tuhan yang gagah.

Dari Berbagai Sumber 

Wallahu A'lam

0 komentar:

Post a Comment