Tips Agar Khusuk Shalat Tarawih

Sholat Tarawih adalah shalat sunnah yang biasa dilakukan atau khusus dilaksanakan pada bulan ramadhan sahaja. Tarawih atau taraweh menurut wikipedia dalam bahasa Arabnya dapat diartikan "waktu sesaat untuk istirahat". Waktu untuk melaksanakan shalat sunnah taraweh ini adalah setelah shalat isya' dan seringkali dilaksanakan secara bersama - sama atau berjama'ah baik dirumah , dimushalla maupun di masjid. menurut beberapa orang yang menarik tentang shalat yang satu ini adalah bahwa sanya Rasulullah Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam hanya  melakukannya secara bersama sama dan atau berjama'ah dalam 1 kali kesempatan dan ada juga yang mengatakan 3 kali kesempatan. Dikatakan bahwasanya Rasulullah Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam kemudian tidak lagi melanjutkan shalat taraweh di-malam berikutnya yang menurut sebagian orang disebabkan karena khawatir hal itu (shalat tarawih) akan menjadi wajib kemudian kepada ummatnya. 

Yang menarik kemudian meskipun Rasulullah Muhammad SAW melaksanakan shalat tarawih tersebut hanya 1 dan atau 3 kali terdapat beberapa tata cara pelaksanaan tentang jumlah raka'at shalat tarawih dan jumlah salam pada shalat tarawih. (baca lebih lanjut disini)

Secara umum niat dari shalat tarawih adalah sebagai berikut :

“ َأُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيحِ رَكْعَتَيْنِ مَأْمُومًا/إِمَامًا للهِ تَعَالَى

Adapun secara khusus saya kurang tahu , mungkin bisa dipertanyakan kepada ahlinya jika ada niat yang khusus. shalat tarawih sudah kami catat sebelumnya di blog yang lain jadi tidak dibahas disini untuk lebih lengkap baca lebih lanjut disini


Berikut ini ada beberapa tips agar shalat tarawih dapat kita laksanakan lebih khusuk :

1. Makan secukupnya saat berbuka, cobalah untuk berbuka puasa hanya secukupnya sahaja sekedar untuk membatalkan puasa dengan memakan hidangan pembuka semisal kolak dan hindari makanan yang berat - berat agar tidak kekenyangan.

2. Segerakan untuk melaksanakan shalat maghrib setelah berbuka takjil agar makanan yang baharu sahaja disantap cepat terbakar.

3. Usahakan mengaji sebelum datang waktu shalat isya, biasakan untuk membaca ayat ayat suci Al-Quran walau hanya beberapa ayat sambil menunggu waktu shalat isya'.

4. Bersegeralah ke Masjid, begitu terdengar panggilan adzan shalat isya. Persiapkan diri baik jasmani maupun rohani dengan memakai pakaian yang bersih dan juga minyak wangi.

5. Usahakan untuk mengambil shaf terdekat dengan imam, tujuan utamanya adalah agar kita dapat mendengar dengan jelas suara imam serta untuk menghindari rasa kantuk.

Demikian adalah beberapa tips sederhana yang dapat dilaksanakan agar kita dapat melaksanakan shalat tarawih dengan khusyu' adapun hasilnya adalah tergantung kepada niat dan kemantapan hati saudara yang melaksanakan shalat tarawih adapun uraian diatas hanyalah sekedar teori sahaja.

Jikalau ada tips - tips yang lain untuk kiranya dapat membuat kita dapat lebih khusyu' dalam melaksanakan shalat tarawih akan lebih bermanfaat jikalau saudara yang mengerti , memahami dan telah berhasil menerapkannya untuk sekedar berbagi pengetahuan dan pengalaman dan tentunya akan lebih bermanfaat jika kemudian disebar luaskan. 

Jikalau berkenan :-)

0 komentar:

Post a Comment