Gempa Dan Kematian Massal

Jepang mengungkap skenario bencana terburuk jika terjadi gempa berkekuatan monster di Samudra Pasifik yang bisa menewaskan lebih dari 320 ribu orang. Perkiraan kematian itu hanya di wilayah Ibukota Tokyo saja. Yakni jika terjadi gempa di dasar laut yang kekuatannya mencapai 9,0 pada Skala Richter.

Gempa sebesar itu, menurut prediksi pakar, bakal menyapu pesisir ibukota. Kemungkinan gempa ini juga bisa terjadi di malam hari. Tak hanya itu, gempa diprediksikan bisa terjadi saat musim dingin, yang diperburuk hembusan angin kencang yang bisa membuat ombak setinggi 34 meter.

Sebagaimana diketahui pada 11 Maret 2011, terjadi gempa berkekuatan 9,0 SR yang memicu gelombang tsunami setinggi 20 meter hal itu akan lebih buruk jika kemudian disertai dengan angin / badai yang akhir - akhir ini.

Sementara itu  Serangkaian gempa bumi berkekuatan hingga 5,4 Skala Richter mengguncang sejumlah Negara Bagian California dan Arizona, Amerika Serikat (AS).

Sejumlah gempa yang terjadi tersebut juga dirasakan hingga perbatasan Meksiko. Fenomena alam berkekuatan kecil dan sedang itu juga terasa di San Diego dan Orange County.

Berdasarkan data Badan Geologi AS (USGS), rangkaian gempa itu dimulai sekitar pukul 12.16 pada hari tersebut atau 03.16 dini hari WIB, Senin (27/8/2012), berkekuatan 4 SR. Pusatnya berada 26 km dari El Centro, California dan berlangsung selama tiga hari berturut turut.

Gempa terbesar yang didata USGS adalah 5,4 SR pada pukul 13.57 waktu setempat, di titik pusat yang sama dengan gempa awal.

Dari Berbagai Sumber

0 komentar:

Post a Comment